Powered By Blogger

Jumat, 16 Mei 2014

BISNIS CELANA JEANS

Dengan adanya bisnis “ Panthy Bag ” ini sangat membantu dan
menguntungkan mahasiswa karena secara tidak langsung dapat memperkaya
produk hasil karya bangsa indonesia. Oleh sebab itu, kami menawarkan produk “
Panthy Bag” sebagai alternatif produk Tas yang memiliki keunikan dan kualitas
yang baik serta bermanfaat bagi kelestarian Lingkungan.
Kelemahan
Usaha “ Panthy Bag ” ini belum banyak dikenal kalangan masyarakat,
sehingga dibutuhkan promosi yang intensif untuk langkah awal memperkenalkan
usaha baru ini kepada masyarakat khususnya mahasiswa dan para kawula muda
lainnya agar dapat memiliki suatu produk fashion yang berasal dari karya bangsa
Indonesia sendiri sehingga secara tidak langsung dapat membantu rasa
nasionalisme terhadap bangsa Indonesia.
Kesempatan
Dalam pertimbangan ketenagakerjaan, usaha “ Panthy Bag ” ini
melibatkan banyak pihak sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru.
Diharapkan dari usaha ini dapat tercipta lapangan kerja bagi mereka yang masih
menganggur, dan bagi mahasiswa bisa mandiri dan memiliki jiwa wirausaha
untuk mengaplikasikan ilmu dan kreatifitas yang telah di milikinya dalam dunia
kerja
Tantangan atau Ancaman
Karena usaha ini adalah usaha baru yang belum banyak dikenal oleh
masyarakat luas, maka kami memerlukan waktu untuk memberikan penyuluhan
dan pelatihan kepada para tenaga kerja. Walaupun proses pembuatan “ Panthy
Bag” mudah, tetapi sangat penting pelatihan tersebut agar tenaga kerja dapat
membuat produk yang baik dan berkualitas tinggi.

RANCANGAN BIAYA
No. Uraian Vol.
Satuan
(Rp.)
Jumlah
(Rp.)
1. Bahan habis pakai
Celana Jeans Bekas
Kain Flanel
Aneka Ornamen
Pewarna Tekstil
Lem
Benang
Bahan tambahan
Plastik bungkus
Anti Jamur
Kemasan dan Labeling
200 unit
30 meter
50 unit
20 botol
10 unit
25 pak
50 pak
300 unit
300 unit
200 unit
20.000
10.000
10.000
5.000
15.000
10.000
10.000
500
2.000
1000
4.000.000
300.000
500.000
100.000
150.000
250.000
500.000
50.000
600.000
200.000
2. Peralatan Penunjang
Pinset
Gunting
Jarum
Pistol Lem
Panci Besar
Kompor Gas
Setrika
Tabung gas
Papan penjemur
3 buah
3 buah
3 pak
1 unit
2 unit
1 unit
1 unit
2 unit
3 unit
10.000
29.000
15.000
150.000
125.000
250.000
150.000
125.000
25.000
30.000
58.000
45.000
150.000
250.000
250.000
150.000
250.000
75.000
3. Transportasi/perjalanan
Survey lokasi (2 orang)
Survey alat dan bahan (2 orang)
3 kali
2 kali
40.000
40.000
120.000
120.000
9
I. JADWAL KEGIATAN
Tabel 2 Jadwal kegiatan
No Kegiatan Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan 4
1.
Persiapan
Persiapan
survey
tempat
X X X
Persiapan
alat dan
bahan
X X X X X
Persiapan
tenaga Kerja
X X X
Evaluasi
tahap awal
X X X X
2. Pelaksanaan
Pelatihan
tenaga kerja
X X
Produksi
Tahap I
X X X
Produksi
Tahap II
X X
Produksi
Tahap III
X
Promosi
pengadaan
usaha
X X X X X X X X X X
Evaluasi
tahap kedua
X
Penyusunan
Laporan
Penyusunan
Laporan
Akhir
X X
8
b. Proses Produksi
Pembelian
Bahan Baku
Pengolahan Produk
Panthy Bag
Pengemasan
Produk
Pemasaran Uji Kualitas Produk
c. Proses pemasaran/saluran distribusi Produsen/mahasiswa
berwirausaha à konsumen langsung Produsen/mahasiswa
berwirausahaàDistributor(UKM/Toko)àkonsumen
Keterangan:
1. Membuka usaha ditempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh
konsumen.
2. Persiapan berbagai perlengkapan dan peralatan sebagai penunjang kelancaran
kegiatan
3. Memperkenalkan produk “Panthy Bag” dengan cara promosi dari mulut ke
mulut (manual) secara teknis lebih pada penjualan produk di tempat kos atau
tempat kontrakan dengan penyebaran pamflet, dengan adanya promosi
sampel produk sehingga menarik konsumen untuk mencoba atau melihatlihat
sehingga tertarik untuk membeli produk Panthy Bag tersebut karena
sudah melihat kualitas produk yang baik dan unik, dengan membuat surat
kerja sama dengan UKM/Toko di sekitar kampus.
4. Untuk memperluas jaringan dilakukan pemasaran melalui berbagai macam
media yang murah bahkan gratis. Misalnya, Dengan membuka akun
Facebook yang berisi tentang informasi, katalog dan daftar harga dari produk
Panthy Bag ini. Membuat Blog khusus untuk jual beli produk Panthy Bag ini.
Selain kedua hal tersebut, berbagai web online yang berisi iklan dapat kita
masukkan informasi mengenai produk Panthy Bag ini.
7
Jadi, total penerimaan adalah Rp. 14.875.000,-
Keuntungan = C-(A+B)
= Rp. 14.875.000,- (Rp9.770.000,-)
= Rp.5.105.000
R O I (Return of Investment) = Laba/ investasi x 100%
Modal produksi = Rp. .5.105.000,-/Rp. 9.770.000,-x 100%
= 52.2%
Jadi setiap investasi Rp. 1000,- akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 522,-
BCR (Benefit Cost Ratio) =Penjualan(omset) / total pengeluaran biaya
= Rp. 14.875.000,-/Rp 9.770.000,- .
= 1,52
Jadi analisis setiap 1000 Rupiah pengeluaran akan mendapat pemasukan sebanyak
Rp. 1.522,-
H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM
Dalam pelaksanaan kegiatan proses penjualan yang dilakukan adalah
investasi awal yang selanjutnya dilakukan pembelian bahan baku untuk memperoleh
hasil penjualan awal.
a. Proses usaha dapat dilihat dari alur dibawah ini
Lokasi
Usaha
Pembelian perlengkapan
& peralatan
Rekruitmen tenaga
kerja
Promosi/Pemasaran Produksi
6
4. Pelatihan Produksi terus dilakukan secara berkesinambungan di tempat
produksi sehingga dapat menghasilkan produk yang bermutu dan berkualitas
tinggi.
5. Uji Ketahanan Produk : Setiap Panthy Bag yang sudah jadi akan dilihat
kelayakan pakainya mulai dari kekuatan lem, resleting hingga kualitas warna
dari produk Panthy Bag.
6. Setelah disorting, akan di beri label khusus sebagai upaya profesionalisme.
Di dalam label berisi nama merk PANTHY BAG.
7. Pengemasan: Produk dikemas dengan baik dan menarik agar calon konsumen
lebih tertarik melihat produk Panthy Bag
8. Evaluasi
E valuasi dilakukan setiap akhir bulan Produksi. Langkah ini akan dilakukan
sebagai modal awal untuk melakukan pembuatan pedoman pemasaran yang
strategis dan profesional di masyarakat. Selain itu, digunakan sebagai langkah
selanjtnya dalam melakukan usaha
Table 1 analisis usaha
. Biaya kegiatan
Biaya Bahan Habis Pakai
Biaya Peralatan
Trasportasi&Komunikasi
Biaya Lain lain ( Pemasaran, pelaporan & BOP)
Rp 6.650.000,-
Rp 1.250.000,-
Rp. 620.000,-
Rp. 1.250.000,-
Total Biaya Rp. 9.770.000,-
Penerimaan Rp. 14.875.000,-
Keuntungan Rp. 5.105.000
Penerimaan
Produk ukuran besar
150 produk * Rp. 75.000 = Rp. 11.250.000,-
Produk ukuran sedang
50 produk * Rp. 50.000 = Rp. 2.500.000,-
Produk ukuran kecil
75 produk * Rp. 15.000 = Rp. 1.1250.000,-
5
3. Promosi melalui media cetak yaitu mengenalkan produk dengan
menerbitkannya brosur, leaflet, dan poster sehingga dikenal
masyarakat luas lewat foto dan tulisan.
4. Promosi melalui media maya atau melalui internet.
3. Harga
Produk ditawarkan kepada masyarakat selaku konsumen dengan harga
yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Karena produk PANTHY BAG
Indonesia ini diciptakan dua level yang berbeda dan telah disesuaikan
dengan kemampuan lapisan masyarakat sehingga kami memiliki tingkatan
harga tertentu yang sesuai dengan masyarakat. Harga produk Panthy Bag
adalah yaitu Rp. 75.000,- untuk tas ukuran besar, Rp. 50.000,- untuk tas
ukuran sedang dan Rp15.000,- untuk produk berupa dompet.
4. Tempat
L okasi produksi dilakukan di Jl. Notojoyo 237 Tegalgondo, Karang
Ploso, Malang. Sedangkan distribusinya dilakukan di daerah Malang,
khususnya di sekitar kampus Universitas Muhammadiyah Malang dan juga
di daerah-daerah lain serta diharapkan seluruh daerah di Indonesia dapat
menikmati produk Panthy Bag ini.
Strategi Pengembangan Usaha
Strategi pengembangan usaha PANTHY BAG, antara lain dapat di tempuh
dengan cara:
1. upaya sosialisasi dan pengenalan produk kepada masyarakat di sekitar home
industry dan konsumen pasar, dengan tujuan agar dapat lebih dikenal dan
berkembang.
2. Tenaga kerja produksi Panthy Bag yaitu dengan memaksimalkan anggota
PKM sehingga lebih efektif dan menghemat biaya.
3. Mempromosikan produk dalam bentuk multimedia dan mediamasa elektronik
serta non elektronik sehingga produk ini dapat di akses oleh berbagai lapisan
masyarakat di Indonesia.
4
G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan ini
memproduksi produk fashion berupa tas yang terbuat dari limbah celna jeans
sebagai bahan dasarnya. Produk ini diutamakan dalam aspek kualitas, bentuk
dan ornamen. Selain itu, Produk ini dibuat dengan aneka ragam bentuk yang
lucu serta dapat diterima seluruh masyarakat. ornamen merupakan acuan utama
dari Panthy Bag karena dengan adanya ornamen yang beraneka ragam
masyarakat dapat menentukan Panthy Bag sesuai dengan selera masingmasing.
Selain kedua hal tersebut Panthy Bag tentunya didukung dengan bahan
kualitas baik agar seluruh masyarakat dapat menikmati produk tas yang
berkualitas.
Produk PANTHY BAG diproduksi dengan aneka ragam bentuk. Ragam
bentuk tersebut dimaksudkan agar seluruh masyarakat dapat memilih sesuai
dengan selera masing-masing sehingga produk Panthy Bag ini dapat dinikmati
oleh seluruh masyarakat.
1. Produk
D ilihat dari keragaman citarasa yang dimiliki Panthy Bag. Maka, dapat
diharapkan bahwa produk Panthy Bag ini mampu menjadi Trend Setter Tas di
masyarakat karena seluruh lapisan dapat menikmati produk Panthy Bag sesuai
dengan selera yang diinginkan.
2. Promosi
K e giatan promosi yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk
PANTHY BAG ini terdiri dari beberapa tahapan :
1. Promosi melalui sampel gratis. Untuk mengenalkan produk ke
masyarakat sekaligus promosi tahap awal.
2. Promosi mouth to mouth. Promosi dari mulut ke mulut sebagai
langkah promosi yang paling efektif karena tim PKMK dapat
berkomunikasi dan dapat menyampaikan kualitas produk secara
langsung dan jelas.
3
seluruh lapisan masyarakat, serta diharapkan mendapatkan merk Dagang ”Panthy
Bag”.
F. KEGUNAAN
Aspek Ekonomi
Dengan adanya produk Panthy Bag. Mahasiswa dapat memperoleh
keuntungan ekonomi dari hasil penjualan produk ini, sehingga mahasiswa tidak
memerlukan kiriman bantuan sebagai sumber penghasilan. Sedangkan bagi
masyarakat yang diberdayakan sebagai tenaga kerja dalam proses produksi
bisa menambah pendapatan dan pengalaman mereka dalam dunia usaha
sehingga pengentasan ketertinggalan dalam masyarakat secara tidak langsung
dapat teratasi.
Aspek Sosial
Dalam usaha Panthy Bag ini melibatkan tiga komponen masyarakat
yaitu (a) Memberikan kesempatan kerja mandiri sesuai dengan kreatifitas yang
dimiliki kepada mahasiswa FE UMM mengaplikasikan kegiatan kuliah untuk
di angkat kedalam kegiatan kewirausahaan, (b) Mahasiswa sebagai tenaga
kerja Sehingga dari usaha Panthy Bag ini benar-benar ingin memberdayakan
sumberdaya mahasiswa itu sendiri, (c) Menerapkan mata kuliah dari Jurusan
Akuntansi dalam bidang studi kewirausahaan, manajemen keuangan, dan
manejemen pemasaran.
Aspek Ketenagakerjaan
Program ini selain membutuhkan tenaga kerja yang keras dan teliti
dalam proses produksi sehingga tenaga kerja yang digunakan adalah tenaga
anggota program PKM itu sendiri, selain menghemat biaya, tim PKM juga
dapat memaksimalkan hasil produk Panthy Bag. Selain itu, dalam pemasaran
juga membutuhkan tenaga kerja bantuan yang lebih agar mendapat hasil yang
optimal.
Aspek Kebersihan
Produk ini secara tidak langsung membantu pemerintah dalam upaya
untuk menanggulangi sampah berupa limbah celana jeans yang diinovasikan
menjadi suatu kreasi produk yang memiliki nilai jual tinggi.
2
sebaginya. Peluang bisnis Panthy Bag ini akan sangat menjanjikan untuk ke
depannya karena mengingat diharapkan peluang bisnis Panthy Bag dapat
ditindaklanjuti. pesaing dalam produk ini masih jarang ditemui sehingga dengan
adanya program ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar